Sensasi Onsen di Infinity Pool Alami di Ciseeng, Bogor

Hari minggu ditengah bulan, nggak perlu pusing buat healing! Sudah lama pengen kesini, cuma belum kesampaian dan hanya berbekal panduan peta online, tertera 1 jam 54 menit dari utara Jakarta. Setelah keluar dari tol Bintaro – BSD, mengikuti peta online disarankan untuk melewati Puspitek Serpong dan mengarah ke Parung, Bogor. Jalanan cukup lancar dan hanya bbrp yg kurang baik pas diperbatasan tugu Tangerang Selatan – Bogor, berbatu2 dan belum diaspal. Lokasinya ada di kiri jalan dan masuk kedalam sekitar 300 meter, sampaikan kita di Tirta Sanita.

Dan ternyata ada dua lokasi pemandian air panas alami, yaitu Tirta Sanita yg dikelola oleh BUD (Badan Unit Desa) dan satu lagi dikelola oleh Pemda Bogor. Karena sudah sore kami tiba sekitar jam 3 sore, akhirnya disarankan yg dikelola oleh BUD karena sampai malam dan yg dimiliki pemda hanya sampai jam 5 sore. Tiket parkir mobil hanya 15K dan perorang dikenai tiket masuk 15K juga. Untuk masuk kelokasi, harus naik tangga setinggi sekitar 10-15 meter karena lokasi ada disisi bukit. Cukup berjalan hanya 10 menit kita sudah sampai dipemandian onsen – air panas gunung panjang.

Ada saung kecil di sisi kanan untuk bersantai dan berkumpul dgn keluarga, tidak dikenakan biaya untuk memakai saung tersebut. Dan kita akan ditawari minum kopi atau teh dan bahkan bbrp makanan kecil lainnya dgn harga terjangkau. Ada beberapa kolam air panas untuk berendam, mulai dari kolam raja dan ratu yg berada tepat dipaling atas dan dekat dengan sumber air panas alami tersebut. Kemudian air panas dialirkan kekolam kecil dibawahnya.

Kemudian ada kolam 7 bidadari dgn pemandangan yang sangat menawan, kolam air hangat yang cukup luas ini tepat berada dipinggir tebing, seperti kolam infinity pool di Ubud, Bali. Dan ada kolam jodoh, kolam kecil untuk berendam 1 orang yg dipercaya konon bisa membawa jodoh bagi yang masih jomblo.

Setelah menaruh tas, dll disaung, kami ganti baju ditoilet dgn membayar 2K perorang. Setelah itu kami mencoba menghangatkan badan dikolam infinity pool alami dgn pemandangan sawah yang masih alami. Luas area ini sekitar 8 hektar dan berada diketinggia sekitar 20-30 meter dgn sumber air panas yang berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang dan garam karena airnya sedikit asin tapi menyegarkan. Karena disinilah spot foto terbaik sambil menyegarkan badan.

Setelah puas berfoto2 di kolam infinity pool alami, saatnya untuk mencoba kolam raja & ratu yang terletak dipaling atas dan dkt dgn sumbernya air panas. Konon, dulunya kawasan gunung pajang yang berkapur ini adalah tempat pewayangan dan sesembahan leluhur, hingga suatu ketika para leluhur minta doa agar bisa mendapatkan air. Seperti yang kita ketahui cukup sulit untuk mendapatkan air dikawasan karst, dan muncul lah mata air yang bisa menjadi sumber pengairan dikawasan gunung Panjang, Bogor.

Sekilas kolam kecil pemandian air panas ini mirip mini Cotton Castle yang ada di Turki, karena kebetulan pernah berendam di cotton castle, pamukkale – turki dan kolam thermalnya dilapisi oleh dinding kapur putih yang mengeras. Sementara dibawah kolam onsen tersebut kita bisa mendapatkan bubuk belerang yang sangat bagus untuk kulit. Kita bisa mengambilnya dan melumuri sekujur tubuh dgn serbuk alami belerang.

Dibagian bawah bukit kapur ini terdapat sebuah goa kecil, dinamakan Goa Goong. Hanya sebuah goa kecil dan terdapat beberapa stalaktit dan ketika masuk kedalam ada sebuah ruang kecil yg terdapat beberapa sesaji dan bunga sedap malam. Suasananya agak sedikit mistis, sehingga nggak berani terlalu berlama-lama.

Kembali kekolam air panas, kita bisa berendam seperti di bath-up alami. Tapi bagi keluarga yg ingin sewa kolam pribadi pun bisa didalam bilik2 yang telah disediakan. Tapi bagi saya sudah cukup dikolam alami yg sangat menyenangkan.

Salahsatu yang harus diperbaiki yaitu fasilitas toilet yang kurang baik dan juga khususnya tabiat para pengunjung yang kurang baik seperti membuang sampah sembarangan walau sudah ada pengumuman untuk menjaga kebersihan. Total wisata singkat kekolam air panas alami gunung Panjang ini, tiket parkir 15K + tiket masuk 15K x 5 org + beli kopi & makanan 35K = 55K belum termasuk bensin dan tol 150K. Total 240K untuk berlima, cukup murah kan! Badan dan pikiran pun lebih segar untuk menyambut hari kerja berikutnya.

Leave a comment