Free Music at Your Fingertip

google-play-music-free-stream-apple-musicGaptek? Duh mungkin udah nggak jamannya lagi ya kalau anda masih tertinggal masalah teknologi. Dengan beragam handphone android yang sangat terjangkau saat ini, anda bisa memilih beragam aplikasi yang tersedia baik secara gratis atau berbayar difitur Google Play Store. Mulai dari aplikasi yang lagi hits saat ini yaitu fitur merubah foto anda menjadi lebih cantik atau menjadi lebih berkarya seni tinggi, hanya dengan jari anda, semuanya bisa dilakukan secara manual dan biarkan aplikasi yang sudah diunduh melakukan apa yang anda akan minta.

Yang lagi hits saat ini adalah aplikasi musik gratis yang bisa anda unduh difitur Google Play Store. Beragam pilihan aplikasi musik gratis bisa anda dapatkan dan saya akhirnya jatuh hati dengan Joox. Saya tertarik dengan aplikasi ini ketika seorang sahabat yang bekerja disebuah record label international di Jakarta memberitahukan saya bahwa para artisnya lebih mudah dipromosikan melalui Joox.com. Pertama karena masalah pembajakan lagu dan siapa sikh jaman sekarang yang masih tertarik membeli CD musik. Banyak toko musik yang gulung tikar karena omzet penjualan mereka semakin berkurang dengan maraknya pembajakan lagu ditanah air. Dan hasilnya berimbas kepada penjualan CD musik dan tentu saja para artis, penulis lagu dan record label juga merugi.

Kini pengusaha record label dan artis musik negri ini harus memutar otak bagaimana cara yang efektif untuk berpromosi dan menghindari pembajakan lagu sehingga denyut jantung musik nasional juga masih terasa dan berkelanjutan. Bekerjasama dengan perusahaan teknologi penyedia musik streaming  secara legal adalah salahsatu cara yang efektif untuk berpromosi dan tentu saja menghindari pembajakan lagu.

Joox – diambil dari suku kata juke box atau kotak musik, kalau dulu kita harus masukan koin dan memilih lagu, kini hanya dengan satu jari anda, ribuan dan bahkan jutaan lagu bisa anda dengarkan secara streaming. Salahsatu hobi saya yaitu mengoleksi CD musik dengan lagu dan artis yang tentu saja saya sukai. Setelah saya beli CD bisa saya mainkan dan save dilaptop. Kalau mau saya dengarkan lagi harus buka file music dan pilih lagu mana yang mau saya dengarkan. Agak ribet memang tapi teknologi streaming sudah menggantikannya.

Kini dengan mengunduh aplikasi Joox, saya bisa mendegarkan lagu dimana saja dan kapan saja secara gratis dan legal. Bahkan lagu terbaru pun sudah tersedia dengan mudah, dengan user experience yang OK banget, anda bisa memilih beragam jenis lagu bahkan sampai tergantung mood anda hari itupun tersedia.

Keuntungannya menggunakan aplikasi free music streaming kita nggak perlu repot untuk menyimpan lagu dalam data memory dalam smartphone anda atau dilaptop. Dan bahkan anda bisa save playlist lagu yang anda sukai dan bisa diputar berulangkali. Bahkan anda bisa membaca teks lagunya tanpa perlu pusing membuka laman baru untuk mencari teks dari lagu tersebut.

Kelemahannya tentu saja paket data anda harus siap untuk memutar aplikasi streaming tersebut dan akan memakan paket data. Kemudian bila posisi anda berada diblankspot atau tidak terjangkau dengan internet maka anda tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Tapi tentu saja bisa disiasati ketika anda berada diwilayah yang terjangkau oleh free wifi. Kecepatan data juga mempengaruhi aplikasi tersebut ketika sedang mendengarkan musik, sudah sering saya alami ketika macet melanda dijalan dan paket data saya sudah menipis maka akan mempengaruhi kualitas lagu yang anda dengarkan.

Keuntungan buat artis dan record label tentu saja mendapatkan sharing fee ketika anda memutar lagu tersebut. Jadi pendengar dan pembuat lagu/artis/record label juga saling menikmati keuntungan tersebut. Pembajakan lagu bisa diminimalisir dinegri ini dengan menikmati streaming lagu yang legal. Ada 15 aplikasi streaming music yang bisa anda unduh diandroid ataupun IOS. Bahkan google pun mengeluarkan fitur streaming music, now it’s all up to you, baik yang berbayar atau gratis. Use your fingers listening your favourite music. Technology simplifies your experience.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s