Kisah Suvenir Maskot Nila di Singapura

Nila merupakan figur singa lucu yang menjadi maskot SEA Games dan Para Games 2015. Suvenir boneka Nila pun banyak dijual dan bisa dibeli wisatawan untuk buah tangan.

Singapura mempunyai 3 hajatan besar di tahun 2015 ini, yaitu gelaran pesta olahraga SEA Games 2015 di bulan Juni, HUT ke-50 Singapura ditanggal 7 Agustus dan yang terakhir, pesta olahraga Para Games yang berlangsung ditanggal 3-9 Desember 2015 kemarin. Mascot utama dari hajatan besar ini yaitu Nila atau singa dengan warna ungu mendominasi acara tersebut.

Selidik punya selidik ,ternyata dulu kala seorang pangeran dari Palembang dari kerajaan Sriwijaya bernama Sang Nila Utama berkunjung ke sebuah pulau bersama sang menteri untuk mencari kota baru diluar sriwijaya. Sang pangeran melihat sebuah pulau dengan pasir putih dan ia menamai pulau Temasek.

Di pulau ini ia melihat seekor hewan melesat dengan cepat di antara pepohonan. Sang menteri memberitahu bahwa hewan tersebut merupakan seekor singa. Sang Nila Utama pun memberi julukan Singapura kepada pulau tersebut.

Sang Nila Utama kemudian menjadi Raja Sriwijaya dan menjadikan Palembang, Riau, Pulau Bintan dan Pulau Singapura menjadi bagian dari kerajaannya tahun 1292. Beliau wafat tahun 1347 dan konon dimakamkan di Canning Hill, Singapura. Oleh karena itu, Pemerintah Singapura memutuskan memberi nama Nila ke maskot utama SEA Games dan Para Games 2015.

Maskot Nila banyak menghiasi branding SEA Games dan Para Games 2015. Boneka singa Nila pun diberikan bagi para atlet yang berhasil meraih medali di hajatan olahraga ini. Selain itu, wisatawan asing juga bisa membeli semua pernak pernik bergambar Nila dengan harga yang terjangkau.

Saat itu, wisatawan bisa datang ke National Stadium di dekat Kallang Theater untuk beli suvenir. Anda bisa membeli kaos dan jaket SEA Games 2015 seharga SGD 5-15 per buah (RP 50 ribu-Rp 150 ribu).

Bahkan Anda bisa membeli merchandise SEA Games dan Para Games dengan maskot Nila yang lucu dan menggemaskan ini di Orchard Road, National Sport Hub Singapore serta Marina Bay Sands. Pada akhir gelaran kemarin, diberikan diskon hingga 50-70 persen. Bahkan bisa membeli 3 item dengan diskon 10% dan 5 item akan diberikan diskon 20% langsung di kasir.

Boneka Nila raksasa pun ditempatkan di tepian Marina Bay Sands dan menjadi lokasi ajang selfie para warga lokal maupun wisatawan asing.

index

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s