Perempuan Penjual Gula Aren Dikampung Angkor Thom

Ketika berwisata disuatu daerah yang asing, kita tidak hanya menikmati pemandangan alamnya atau cerita sejarah tetapi menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sekitar. Dengan mengendarai tuk-tuk, kami berkeliling kampung disekitar angkor thom yang maha luas. Disini kita bisa melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa angkor.

Rumah-rumah panggung dari kayu jati masih banyak ditemukan diperkampungan dan suasananya seperti diperkampungan di Indonesia. Melihat kampung disini seperti berada dinuansa pedesaan Indonesia ditahun 1980an. Yang mana mereka masih tradisional, mengandalkan alam untuk kehidupan. Anak-anak pergi kesekolah tanpa memakai alas kaki, hanya satu atau dua orang saja yang memakai sepatu yang sudah kusam. Tapi mereka tetap tersenyum kepada kami dan seperti memberikan isyarat bahwa mereka bahagia ditengah keterbatasan.

Perempuan dikamboja adalah para pekerja keras, disini mereka tetap berjuang memberikan nafkah bagi keluarga ditengah keterbatasan ekonomi. Ada jutaan pohon aren yang tumbuh subur dipedesaan kamboja dan pohon-pohon ini memberikan rejeki bagi mereka. Didesa angkor thom, para perempuan menjajakan gula aren dipinggir jalan.

Cairan nira yang keluar dari buah aren langsung dimasak dan kita bisa melihat secara langsung bagaimana pemrosesan gula merah tersebut. Begitu kami turun, para perempuan tersebut dengan sukacita menyambut kami dan langsung menawarkan hasil gula arennya yang sangat lezat.

Kita bisa membelinya sebagai oleh-oleh tergantung ukuran dari gula merah tersebut. Sayangnya mata uang kamboja tidak begitu laku disini, mereka lebih suka bertransaksi dengan mata uang USD. Satu gula aren yang kecil isi 10 buah dihargai USD 2 dan yang besar dihargai USD 5 dalam wadah plastik. Setidaknya apa yang kita beli bisa membuat mereka tersenyum dari hasil jerih payah mengambil nira aren.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s