Night Musi River Cruise

Bukan hanya dichao praya saja kita bisa mengarungi sungai diwaktu malam sambil menikmati makan malam. Pemerintah kota palembang juga sudah memfasilitasi sungai musi dengan sebuah anjungan dermaga yang cukup besar dan dilengkapi dengan mini market serta beberapa restauran cepat saji. Sebuah kapal bersandar setiap hari disungai musi dan bisa membawa kita mengitari sungai musi.

Sungai musi merupakan salahsatu sungai terlebar dan terpanjang di Indonesia, dengan panjang lebih dari 650 km, sungai ini mempunyai sejarah yang panjang. Kerajaan Sriwijaya yang terkenal itu terdapat ditepian sungai musi dan dari sinilah peradaban kota palembang berasal.

Malam itu kami dibawa oleh pemerintah kota palembang untuk menikmati musi night river cruise, pukul 19.30 WIB kami sudah tiba dianjungan dermaga yang tepat berada disisi jembatan ampera yang terkenal itu. Kami disambut oleh Bujang Gadis 2015 seperti Abang None Jakarta dan dibawa naik kegeladak kapal.

Tidak lama kemudian kapal melepas jangkar dan lambat laun kami menelusuri sungai musi dengan jembatan amperanya yang begitu indah dimalam hari. Kabut asap sudah agak reda sehingga kami bisa menikmati malam tanpa asap. Lampu-lampu hias menerangi sungai musi dan sepanjang dermaga, kami melewati kolong jembatan sungai musi. Dan saya seperti flashback ketika mengarungi sungai chao praya dengan jembatannya yang besar atau melewati jembatan yang membelah kota Istanbul, Turki. Sungguh indah dan tidak terlupakan.

Kapal berkapasitas 150 – 200 orang ini mempunyai 3 tingkat, penumpang bisa menikmati makan malam ala prasmanan dilantai 2 dan bisa melihat kota palembang dilantai 3 sambil bersantap malam. Tidak terasa sudah hampir 1 jam kami berada diatas kapal dan kapal berbalik arah didepan pabrik pupuk PT. Pusri.

Kapal tersebut juga dilengkapi dengan karaoke untuk menghibur para tamu, lambat laun kami melihat kembali jembatan ampera yang begitu gagah dimalam hari. Ketika kapal hampir melewati bawah jembatan ampera, kami dihibur oleh kembang api yang ditembakkan dari atas kapal. Suasana begitu riuh dan para penumpang mencoba mengabadikannya melalui kamera. Begitu unik dan tidak terlupakan malam itu. Sungguh patut diacungkan jempol untuk pemerintah sumatera selatan karena mengembangkan wisata sungai musi. And it’s nice to try while you were in palembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s