Tips Pengalaman Berbelanja Selama Berwisata di Turki

10 Hari berwisata di Turki tentu saja harus membutuhkan persiapan dana yang cukup, mata uang turki yaitu Turkish Lira. Dijakarta 1 TL (Turkish Lira) dihargai Rp 6.000 kurs dibulan Mei 2015 dimoney changer tertentu, sementara kurs yang berlaku menurut BI yaitu 1 TL = Rp 5.000. Tidak semua money changer mempunyai stock turkish lira di Jakarta. Untuk memudahkan perjalanan tentu saja saya sarankan untuk menukar rupiah ke US Dollar atau Euro. Karena transaksi belanja dikota-kota Turki bisa dengan Turkish Lira, US Dollar dan bahkan Euro.

Ketika saya mendarat dibandara Kemal Ataturk di Istanbul saya segera bergegas menukar USD Dollar disebuah gerai Travelex dibandara. 100 USD dihargai sekitar 305 TL waktu itu dan tentu saja dikenai fee penurakan senilai 25 TL. 305 TL cukup untuk pegangan selama beberapa hari di Turki, mengingat semua perjalanan termasuk akomodasi dan telah diatur oleh pihak travel agent.

Untuk membeli air mineral seharga 5 – 10 TL tapi kita bisa menemukan air kemasan senilai 3 TL dibeberapa mini market tertentu untuk ukuran sedang. Makanan disini tergantung dari lokasi, beberapa restoran ditempat wisata tentu saja memberikan harga yang sangat tinggi, sekali makan bisa sekitar 50 – 75 TL, paling murah sekitar 25 TL perporsi. Ketika kita ikut paket wisata, pihak tour akan memberikan minum didalam bus, jangan sungkan-sungkan untuk ambil secukupnya agar kita bisa mengirit ongkos minuman selama mengikuti tour.

Pada saat makan, biasanya pihak restoran akan memberikan 1 buah air kemasan ukuran besar untuk 4 orang. Jadi kita harus sharing air kemasan yang akan dituangkan kedalam gelas masing-masing, apabila kurang ya harus membayar dengan harga yg cukup mahal, maklum harga restoran. Jadi cukup ambil air mineral yang ada didalam tas anda agar tidak ada tambahan biaya apapun.

Apabila berbelanja dimini market kita bisa menggunakan kartu kredit berlogo Visa atau Master dan mereka menerima kartu kredit dari Indonesia. Tetapi tentu saja harus berhati-hati berbelanja dengan kartu kredit, kejahatan kartu kredit di Turki juga cukup tinggi.

Ketika uang tunai anda sudah hampir habis, tidak usah khawatir cukup ambil uang tunai di ATM yang berlogo Visa, Visa Electron, Cirrus atau Master diseluruh kota-kota di Turki. Saya sendiri menggunakan kartu debit bank Permata yang bisa digunakan selama masih ada logo Visa Electron, cukup perhatikan logo dikartu debit anda apakah terdapat di ATM tersebut.

Ketika bertransaksi di ATM kita bisa memilih apakah ingin Turkish Lira, US Dollar atau Euro. Tentu saja pilihan tersebut akan menguntungkan konsumen ketika bertransaksi. Fee yang dikenakan setiap kali bertransaksi dengan kartu debit sekitar Rp 25.000 – 30.000 tergantung dari bank masing-masing di Indonesia.

Saya sendiri sempat panik ketika uang yang akan saya tarik dalam bentuk turkish lira tidak keluar dari mesin ATM, mungkin karena habis. Struk sudah keluar tetapi uangnya tidak keluar. Simpan baik-baik struk tersebut sebagai tanda bukti ketika uang anda ingin dikembalikan oleh pihak bank, jangan sampai hilang. Kemudian saya pindah ATM dan menarik Euro, uangpun bisa keluar.

Ternyata Bank Permata mengembalikan uang saya yang tidak keluar tersebut hanya dalam waktu 24 jam, terimakasih Bank Permata. Karena menurut saudara yang bekerja dibank, bisa saja uang tersebut dikembalikan dalam waktu 30 hari kerja, cukup lama kan!

Memang sebelum saya berangkat ke Turki, saya sengaja menelpon pihak Bank Permata Tell bahwa saya akan berangkat ke Turki dan akan menarik sejumlah uang dinegara tersebut. Lebih baik memberikan info kepihak bank dibanding rekening anda diblocked oleh pihak bank karena ada transaksi penarikan uang dinegara lain. Sementara telpon anda tidak aktif karena sedang roaming dinegara asing. Tentu saja biaya roaming sangat mahal sekali, selama 10 hari wisata dikota Turki, tagihan telkomsel bulanan saya melonjak menjadi Rp 1.000.00.

Ketika anda dibawa tur kesalahsatu pabrik kulit, hati-hati anda bisa terjebak karena harga yang ditawarkan sangat mahal sekali. Satu jaket kulit bisa sekitar 1000 USD dan bahkan sabuk kulit saja seharga USD 100. Jangan coba-coba menawar apabila anda tidak berminat membelinya, anda bisa dikejar sampai kedalam bus oleh salesman pabrik kulit tersebut.

Satu lagi ketika diajak tur kepabrik karpet, hal yang sama akan dilakukan oleh salesman. Karpet berharga ribuan dollar tentu dengan kualitas yang sangat baik bisa anda bawa pulang. Tapi kalau tidak berminat, jangan dipegang dan jangan bertanya, ketika show karpet selesai lebih baik anda langsung menuju kedalam bus sebelum dikejar-kejar oleh salesman karpet.

Satu lagi ketika anda berbelanja ketoko suvenir, pihak tour akan bilang bahwa toko ini merupakan toko wholseller turkish delight termurah diturki. Bohong besar! Kami sudah ditipu ketika saya dan teman-teman berbelanja dengan kalap ditoko tersebut yang tepat berada dikota selcuk sebelum memasuki kawasan wisata ephesus dan bukit Maria. Harga turkish delight sekitar 15 – 35 TL dan minyak zaitun sekitar 30 – 60 TL. Kopi turki dan lain-lain dihargai sekitar 30 – 70 TL, memang dikemas dengan baik. Tapi semua sama saja.

Ketika kami pindah kekota lain, ya ampun kami menemukan harga yg berbeda, tentu saja lebih murah dan kemasan yang menarik. Isinya sama saja disetiap kota dan harganya semakin murah. Bahkan kami menemukan satu kotak creme kulit dari zaitun hanya senilai 20 TL saja sementara ditoko sebelumnya dihargai 40 TL. Kami langsung membeli beberapa kotak creme zaitun sebagai oleh-oleh.

Bahkan keramik-keramik bisa lebih murah harganya dikota Cappadocia karena memang disini tempat pengrajin keramik khas Turki. Kalian bisa berbelanja dengan TL atau kartu kredit.

Ketika tiba di Istanbul jangan lupa berbelanja di istiqlal street yang terkenal dengan butik-butik berkelas. Hampir barang-barang branded dibuat di Turki sebelum diekspor ke eropa dan belahan asia lainnya. Sepatu-sepatu hand made dijual dengan harga murah sekitar 20 – 30 TL bahkan celana panjang pria hanya senilai 50 – 70 TL. Tas koper bermerk terkenal hanya seharga 150 – 200 TL, wow bersenang-senanglah berbelanja barang branded dikota Istanbul.

Untuk beli oleh-oleh khas Turki, hampir semua kota menjual barang yang sama dan bahkan beberapa barang diimpor dari cina. Tapi tentu saja tidak afdol kalau tida membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Salahsatu yang bisa kalian beli dengan harga yang baik yaitu ditoko museum yg disediakan oleh pemerintah Turki. Kadang ada beberapa barang yang diberi label SALE, potongan harga bisa 50 – 70%.

Apabila anda berbelanja barang bermerk, masih bisa mendapatkan uang anda kembali dibandara. Tunjukkan saja bukti pembelian dan barang anda yang dibeli dibagian pabean bandara Istanbul. Maka anda bisa mendapatkan rebate dalam bentuk turkish lira, lumayan bisa untuk beli makan/minuman dibandara.

Selamat berwisata di Turki dan bijak dalam berbelanja serta transaksi yang aman.

turki day 8 185 turki day 8 202 turki day 8 203 turki day 6 150

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s