Berkunjung ke Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk di Ankara

Didunia ada beberapa mausoleum atau komplek pemakaman yang biasanya dibangun untuk menghormati raja/pendiri negara/pahlawan bangsa. Di Vietnam terdapat makam Ho Chi Minh yang megah dan di Cina terdapat makam Mao Zedong yang sangat megah. Sementara dikawasan Eropa, komplek makam Lenin dan di Turki terdapat komplek makam Ataturk.

Kemal Ataturk adalah bapak bangsa Turki, beliau yang menyemangati bangsa Turkin agar bersatu dan mendapatkan kemerdekaan ditahun 1923. Sejarah panjang turki, membuat negara ini sempat terbagi dua yaitu dibawah kekuasaan yunani dan turki. Turki sebelum menjadi republik berada dibawah kekaisaran Ottoman yang mempunyai sejarah yang sangat panjang.

Hingga ditahun 1922, kekaisaran Ottoman diturunkan oleh Kemal Ataturk dan dirubah menjadi republik. Mustafa Kemal Ataturk menjadi presiden republik Turki yang pertama ditahun 1923. Ia yang menyatukan turki yang terbagi diantara dua benua yaitu eropa dan asia. Karena posisinya yg sangat strategis, kawasan Turki menjadi incaran dikala perang Dunia II berlangsung.

Memasuki kompleks makam seluas 700.000 meter persegi ini, para pengunjung harus melalui mesin pemindai dan semua tas akan dicek oleh petugas penjaga. Kita akan dibawa memasuki pintu masuk utama yang dijaga oleh para prajurit Turki disisi kanan dan kiri.

Kita bisa berfoto disamping mereka, tentu saja dilarang menyentuh atau mengajak mereka bicara. Dari pintu gerbang utama kita akan dibawa menyusuri jalan berbatu andesit yang cukup luas dengan taman disisi kanan kiri jalan dengan beberapa patung singa.

Sekitar 500 meter kita menjumpai sebuah lapangan luas dengan lantai marmer, sangat luas sekali yang dan dikelilingi oleh bangunan mirip benteng. Diujung lapangan terdapat sebuah tiang bendera setinggi 33 meter dengan bendera Turki raksasa yang sedang berkibar.

Lapangan ini memang khusus untuk upacara kenegaraan, Ankara merupakan ibukota republik Turki, bukan kota Istanbul lho!

Dari lapangan ini disebelah selatan kita bisa melihat sebuah bangunan ala romawi – replika kuil pathenon Romawi. Sebuah rumah besar dengan pilar raksasa yg dulunya dibuat oleh bangsa romawi untuk menghormati pada dewa-dewi. Kini bangunan tersebut dibuat untuk menyemayamkan jenazah bapak bangsa Turki – Kemal Ataturk.

Beliau wafat dibulan November 1938 pukul 09.15 pagi diusia 57 tahun karena penyakit liver. Memasuki ruang mausoleum yang megah ini, kita bisa melihat makam beliau yang dihiasi oleh pualam dan karpet yang sangat indah. Setiap kepala negara yang berkunjung kekota Ankara dipastikan menaruh karangan bunga dimakam beliau.

Dibawah mausoleum ini terdapat museum yang sangat luas dan tentu saja dirawat dengan sangat apik. Jauh berbeda ketika memasuki museum bawah tanah dikawasan Monumen Nasional yang temaram dan kadang agak bau. Museum ini begitu ditata dengan baik, sehingga pengunjung dibawa kejaman perang sebelum kemerdekaam Turki yang dilengkapi dengan audio system dan pencahayaan yang ciamik.

Keren abiz dan tiap bagian disediakan alat untuk mendengarkan sejarah dalam beberapa pilihan bahasa. Diujung museum  ini kita bisa berkunjung ketoko souvenir yang menyajikan segala macam pernak-pernik tentang Kemal Ataturk. Beliau memang sangat dihormati di Turki dan dengan museum ini membawa sebuah bangsa besar agar tidak pernah melupakan sejarah masa lalunya.

Seperti Bung Karno pernah berkata Jas merah – Jangan Sekali Sekali Pernah Meninggalkan Sejarah. Sejarah sangat penting agar tidak dilupakan oleh anak cucu kita. Kita patut belajar dari Turki bagaimana menghargai sejarah yg bisa dijadikan tempat kunjungan oleh para wisatawan asing. Banyak museum di Indonesia yang diabaikan dan mendapatkan dana minim untuk pengelolaannya. Di Turki setiap museum dikelola dengan sangat sangat baik.

turki day 7 001 turki day 7 003 turki day 7 009 turki day 7 011 turki day 7 013 turki day 7 017 turki day 7 018 turki day 7 027 turki day 7 030 turki day 7 037 turki day 7 041-001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s