Sensasi Hot Balloon Air di Cappadocia, Turkey

Dari awal kami sudah diinformasikan mengenai kunjungan wisata dikota cappadocia, Turki. Dan yang paling ditunggu-tunggu yaitu naik balon udara. Dari beragam informasi yang kami dapatkan harga untuk naik balon udara yaitu USD 200 – 250/orang. Tentu saja sangat mahal karena faktor keamanan dan keselamatan penumpang adalah nomor satu. Tidak sembarang orang boleh menerbangkan balon udara, sang pilot harus mempunyai sertifikat terbang dengan jam terbang yang harus sudah memenuhi syarat internasional.

Setibanya kami dikota cappadocia, tour guide kami memberikan informasi bahwa harga untuk naik balon udara yaitu USD 220/orang dan sudah diberikan harga diskon karena group. Besok paginya pukul 04.30 kami sudah dibangunkan oleh pihak hotel, udara dingin yang menusuk badan mengurungkan niat kami untuk mandi pagi.

Setelah mencuci muka dan menggosok gigi serta berganti pakaian yg lebih tebal, kami segera menuju kelobby hotel. Diluar udara masih gelap dan udara musim semi yang dingin segera menerpa setiap relung tubuh kami. Baju hangat, sarung tangan tebal, penutup kepala sudah dipakai dengan sempurna. Tidak lama berselang, mobil penjemput telah tiba.

Dari hotel kami dibawa kesuatu tempat, entah dimana lokasinya. Cukup jauh juga dan ditempuh dalam tempo 30 menit dari lokasi hotel kami menginap. Tibalah disebuah tanah lapang dan terlihat balon udara yang dipanaskan. Sang pilot menyapa kami dan memperkenalkan diri, ia seorang warga negara Australia yang bekerja sebagai operator pilot balon udara. Ratusan jam terbang sudah ia kantongi untuk memenuhi syarat.

Setelah berkumpul semua, ia memberikan briefing bagaimana posisi kami ketika akan naik dan turun dari balon udara. Serta apa saja yang harus diperhatikan selama berada didalam kantong balon udara. Satu kantong memuat maksimal 20 orang saja.

Satu persatu kami menaiki balon udara dan berpencar diposisi masing-masing. Tidak lama kemudian balon udara kami melakukan posisi take off, perlahan-lahan posisi kami semakin tinggi. Hingga terlihat puluhan balon udara terbang diseantero cappadocia, sungguh indah dan menakjubkan.

Matahari semakin lama semakin terlihat begitu indah dari kejauhan. Pucuk-pucuk bukit kapur tampak seperti bangunan manusia hobbit didalam film besutan sutradara hollywood. Decak kagum puluhan orang segera terdengar dan bunyi kamera silih berganti untuk mengabadikan moment-moment yang menakjubkan dan bahkan mungkin tidak bisa diucapkan dengan kata-kata.

Begitu indah pagi diatas cappadocia dari atas balon udara, hampir 1 jam kami sudah mengelilingi kota cappadocia diturki. Lambat laun perkebunan anggur dan pohon zaitun sudah terlihat jelas. Matahari sudah hampir tinggi dan hawa dingin masih menerpa kami. Ada dua mobil dibawah kami yang mengejar balon udara yang kami tumpangi.

Ketika akan turun, para penumpang harus memegang tali yang berada didalam keranjang penumpang dan semua aktifitas foto2 harus dihentikan. Ada perasaan khawatir ketika balon udara turun tanah, tetapi semua sirna karena operator balon udara memang sudah profesional. Jangan pilih yang murah karena faktor keselamatan penumpang suka diabaikan.

Setelah balon udara berhasil ditambatkan dan para penumpang turun dengan selamat, kami disuguhkan dengan champagne dan makanan kecil khas turki, bagi yg tidak suka minum alkohol, disediakan juga minuman anggur non alkohol. Setelah selesai makan dan minum, operator membagikan sertifikat balon udara. Akhirnya kesampaian juga naik balon udara.P1090404 P1090427 P1090432 P1090433 P1090443 P1090446 P1090452 P1090453 P1090463 P1090467 P1090469 P1090477 P1090393

Mimpi rasanya ingin naik balon terbang diatas gunung bromo atau lokasi menawan lainnya di Indonesia. Kapan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s