WC dan Iklan Tertua didunia dikota Ephesus, Turki

Kunjungan kekota Selcuk diturki kali ini yaitu untuk melihat reruntuhan kota kuno romawi. Ada 13 peradaban di Turki yang bermula dari abad sebelum masehi yaitu kekaisaran romawi dan yunani kuno. Beberapa wilayah dikota selcuk dulunya merupakan lautan dan ketika es mencair berubah menjadi daratan. Ephesus didirikan pada abad ke 10 SM dan bayangkan sudah ribuan tahun umurnya dan masih bisa dinikmati hingga kini. Jaman dulu kota ini dihuni sekitar 36.000 – 56.000 jiwa dan merupakan salahsatu sisa koloni tertua dimuka bumi.

Dikota ini terdapat Kuil Artemis yang terkenal sebagai tempat pemujaan para dewa-dewi jaman Yunani kuno yang dibangun pada tahun 550 SM. Dan bahkan kota ini tertulis dalam Alkitab yang mana terdapat sebuah gereja kuno yaitu gereja St. John the gospel. Ketika menjejakan kaki dikota tua ini, kita serasa dibawa kejaman dulu. Dimulai dari reruntuhan pilar-pilar raksasa yang terbuat dari marmer dengan beragam patung-patung dewa Yunani kuno. Hingga jalan raya dari batu pualam yang cukup lebar sekitar 6 meter dengan panjang hampir 1,5 kilometer. Pada jaman dulu, bisa dibayangkan betapa ramainya jalan tersebut dengan kereta kuda pada kaisar yunani dan romawi kuno. Keriuhan para penduduknya yang berdiri disepanjang jalan.

Beragam kuil pemujaan juga didirikan dan konon dijaman romawi, kota ini dihuni hingga 350.000 jiwa dikota seluas 415 hektar. Disini kita masih bisa melihat bagaimana pemerintah Turki tetap melakukan eskavasi untuk menemukan peninggalan yang tekubur didalam tanah. Karena kota ini sempat diterjang oleh gempa besar beberapa kali sehingga hampir hancur dan bahkan sempat dihancur leburkan akibat perang saudara yang berkepanjangan.

Diabad ke 5, kota ini didirikan lagi oleh Kaisar Constantine dan beliau mendirikan basilika Santo Yohanes tetapi kemudian hancur lagi oleh gempa besar ditahun 614 M. Diabad ke 7, kota ini kemudian diambil oleh bangsa Arab yaitu oleh Khalifah Muawiyah 1 dan berangsur-angsur kota ini mulai ditinggalkan oleh penduduk yunani dan romawi kuno.Diabad ke10, kesultanan Ottoman secara resmi menguasai kota ephesus dan merubah namanya menjadi Selcuk. Kuil artemis dilupakan dan bahkan arena gladiator di Odeon Theater ditiadakan.

Ada dua theater dikota ini, theater pertama digunakan sebagai ruang dewan pertemuan dan hanya menampung beberapa ratus orang saja. Kemudian ada Odeon Theater yang bisa menampung ribuan orang sebagai arena gladiator dan bahkan arena pertunjukan dijaman yunani dan romawi kuno.

Kota ephesus menyimpan sejarah panjang terutama dalam sejarah kekristenan termasuk makam St. John The Apostle yang dimakamkan dibawah basilica St. John. Kemudian terdapat sebuah perpustakaan besar yaitu Celcius Library yang dibangun pada tahun 125 SM sebagai memorial untuk senator Tiberius Julius Celcius Poleamaenus. Beliau seorang penyumbang dana pembangunan kota ephesus dengan kekayaan pribadinya dan dimakamkan dibawah celcius library.

Mau lihat toilet jaman romawi dan yunani kuno? Ya disini tempatnya. Kita bisa melihat WC umum jaman dulu, jangan bayangkan wc seperti jaman sekarang, dulu kala kita bisa membuang hajat ditempat ini secara terbuka. WC umum terbuat dari batu gunung dan diberi lobang dan para budak jaman dulu yang akan menyirami lubang WC tersebut.

turki day 4 014 turki day 4 019 turki day 4 024 turki day 4 030 turki day 4 034 turki day 4 044 turki day 4 055 turki day 4 071 turki day 4 075 turki day 4 077 turki day 4 078 turki day 4 080 turki day 4 082 turki day 4 085 turki day 4 086 turki day 4 088Turki memang layak ditahbiskan sebagai museum terbesar didunia dengan 13 peradaban tuanya hingga kini dan semuanya terawat dengan baik bahkan bisa mendatangkan devisa. Indonesia juga bisa seperti Turki apabila ada dukungan yang besar dari pemerintah untuk memajukan pariwisata lokal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s