Museum Mevlana di Konya, Turki

Tarian sufi terkenal yang selama ini kita sering saksikan ternyata berasal dari sebuah kota kecil di Turki yaitu Konya. Alkisah seorang pujangga Turki yang terkenal yaitu Jalalaludin Muhamad Rumi diundang kekota Konya oleh Sultan Seljuk. Beliau menawarkan sebuah taman mawar sekaligus sebagai tempat pemakaman ayah Rumi.

Jalalaludin Muhamad Rumi juga dipanggil sebagai mevlana atau penganut sufi mistik dari persia. Kemudian mevlana dikota ini menyebarkan aliran sufi kepada masyarakat kota Konya. Bahkan tarian sufi yang terkenal mulai disebarluaskan dari kota ini. Tariam tersebut melambangkan keikhlasan seorang manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan dan bagaimana seorang manusia berputar melawan jarum jam sambil melafalkan kalimatullah agar bisa mencapai kesempurnaan dalam setiap doa yang dilafalkan didalam hati dan pikirannya.

Hanya satu bagi para sufi yaitu menerima kehidupan dengan ikhlas dan sederhana. Kemudian mevlana membangun mausoleum untuk ayahanda dan guru sufinya. Pada tahun 1926 ketika Ataturk berkuasa di Turki, mausoleum dan masjid ini dijadikan museum Mevlana untuk mengenang kisah para sufi.

Rumi atau mevlana memang dikenal sebagai seorang pujangga, beliau menulis ratusan puisi yang terkenal dalam berbagai bahasa baik bahasa persia, arab, turki dan bahkan yunani. Bahkan puisi rumi sangat terkenal dinegri paman sam berikut buku kumpulan puisi rumi yang sangat menginspirasi para pujangga didunia.

Dimuseum dan masjid Mevlana, kita bisa menyaksikan beberapa makam yang sangat terawat dengan baik. Bahkan kita bisa melihat Alquran kuno dengan tinta emas yang mengagumkan. Puisi-puisi mevlana dalam tulisan arab disimpan didalam kotak kaca. Ketika didepan makam mevlana, banyak pengunjung yang mendoakan beliau. Dan saya pun turut memanjatkan doa didepan makam beliau.

turki day 6 007 turki day 6 009 turki day 6 012 turki day 6 033 turki day 6 032 turki day 6 036 turki day 6 051 turki day 6 045 turki day 6 059 turki day 6 060 turki day 6 063 turki day 6 066 turki day 6 068

Dibeberapa bangunan museum terdapat patung lilin yang dibuat menyerupai para sufi waktu itu dengan tarian sufinya. Sangat menarik berkunjung dimuseum ini. Dan berikut ini penggalan puisi Mevlana yang terkenal,
Para raja menjilat bumi tempat pekan raya terjadi,
Karena Tuhan telah bercampur dalam bumi yang berdebu
Seteguk Keindahan tercecap dari cawan pilihan-Nya.
Inilah dia, cinta terkasih ā€“ bukan bibir tanah liat ini ā€“
Yang kauciumi dengan ratusan kenikmatan,
Lalu bayangkan, apa yang mesti terjadi bila dirimu suci!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s