Melihat cara pembuatan karpet di Turki

Siapa yang tidak kenal dengan karpet Turki? Saingan terbesar turki dalam pembuatan karpet yang indah yaitu hanyalah Iran dan kedua yaitu Cina. Tetapi untuk karpet buatan tangan, iran dan turki adalah pemenangnya.

Dalam tradisi turki, apabila seorang keluarga ada yang menikah, karpet adalah salahsatu hadiah yang pas untuk pernikahan. Bahkan apabila ada seorang gadis didalam keluarga, ketika gadis tersebut ingin menikah, ia hanya memberikan kode kepada orangtuanya dengan minta dibelikan karpet. Dengan cara itulah, kedua orangtuanya tahu bahwa anak gadisnya sudah siap untuk menikah.

Karpet diturki merupakan salahsatu benda penting dalam tradisi dikeluarga dinegara tersebut. Kawasan cappadocia terkenal sebagai kawasan penghasil karpet dan keramik kualitas unggulan. Disini industri karpet dijadikan tempat wisata yang menarik. Para wisatawan dibawa masuk kedalam industri karpet yang dibuat begitu menarik.

Didalamnya kita bisa menyaksikan ibu-ibu sedang memintal benang dan bagaimana untaian benang yang ratusan dan bahkan ribuan bisa dijadikan satu menjadi sebuah karpet yang indah. Satu karpet kecil bisa dibuat minimal 3 bulan hingga setahun lebih.

Kita bisa melihat bagaimana kepompong dari ulat sutera direbus dan dipintal hingga menjadi benang sutera kualitas terbaik. Kemudian benang tersebut dibuat menjadi karpet. Tetapi tidak semuanya terbuat dari benang sutera, ada yang tersebut dari kapas atau wol.

Penjual menjelaskan perbedaan karpet buatan mesin dan karpet buatan tangan. Bahkan ada karpet yang 100% dari benang sutera atau campuran dari kapan atau wol. Untuk satu karpet kecil dari benang sutera dihargai USD 1500, sungguh harga yang fantastis. Pembeli tinggal memilih desain yang ingin dibeli dan langsung akan dikirimkan kenegara tujuan. Tanpa perlu repot-repot memikirkan pengirimannya.

Tipsnya kalau diajak berkunjung ketoko karpet oleh biro tour, apabila tidak ingin membeli, jangan coba-coba menawar. Karena para sales akan mengejar kita hingga kedalam bus. Harga karpet disini tentulah sangat mahal karena hand made dan dalam USD atau Euro.

Dan kenapa karpet tua semakin mahal harganya, karena fungsi karpet untuk diinjak. Semakin tua umur karpet tersebut dan semakin sering diinjak, maka benang-benang yang ada didalam karpet tersebut semakin mengikat erat dan kuat. Jadi itulah sebabnya karpet tua menjadi sangat mahal di Turki selain nilai historisnya.

turki day 6 083 turki day 6 084 turki day 6 085 turki day 6 086 turki day 6 089 turki day 6 088 turki day 6 093 turki day 6 094 turki day 6 095 turki day 6 096

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s