Hierapolis dengan Spa Tertua didunia – Cotton Castle

Hierapolis sebuah reruntuhan kota tua jaman romawi kuno yang dibangun pada abad ke-2 SM. Dijaman romawi kuno daerah ini begitu ramai dengan ditandai berbagai banguan besar didirikan. Mulai dari coloseum romawi, pasar, pemukiman penduduk hingga pemandian untuk rakyat romawi. Kemegahannya masih bisa disaksikan hingga kini, walau beberapa sudah ada yang runtuh akibat diterjang beberapa kali gempa besar.

turki day 4 091 turki day 4 093 turki day 4 094 turki day 4 096 turki day 4 098 turki day 4 112 turki day 4 114 turki day 4 118 turki day 4 120 turki day 4 123 turki day 4 121 turki day 4 124 turki day 4 135 turki day 4 157-001 turki day 4 161 turki day 4 172 turki day 4 185 turki day 4 187 turki day 4 192 turki day 4 193Hierapolis berada dipropinsi denizli di Turki dan telah ditahbiskan oleh UNESCO ditahun 1988 sebagai World Heritage Sites yang harus dilindungi. Pertengahan musim semi, kami menjejajakan kaki dikota tua ini yang ditempuh dengan bus selama hampir 4 jam dari kota Izmir.

Pemerintah Turki sangat mendukung pariwisata sebagai salahsatu sumber devisa utama dinegri itu, mulai dari infrastruktur yang terawat dengan baik hingga transportasinya yang mengagumkan. Pintu gerbang ditata dengan apik dan bahkan tiket masuk menggunakan pintu otomatis dengan tiket yang bisa dijadikan souvenir bagi wisatawan yang berkunjung.

Berjalan dari pintu gerbang hierapolis kita mulai disuguhkan oleh museum terbesar didunia. Sisi kanan terdapat bangunan raksasa jaman romawi kuno dengan segala macam keanggunannya yang masih bisa kita nikmati. Sementara sisi kiri terdapat pamukkale atau dalam bahasa turki yaitu Cotton Castle atau istana kapas. Sebuah pemandian air panas yang dibangun pada jaman romawi kuno sebagai alat terapi.

Selama ini saya hanya bisa menyaksikan cotton castle hanya lewat TV atau diyoutube. Tetapi kini saya bisa langsung menikmati keindahan dan hangatnya air panas alami tersebut. Ratusan pengunjung tersebar dipuluhan kolam alami yang berwarna putih. Warna putih tersebut terjadi karena air panas mengandung calcium carbonate sehingga seluruh kolam berubah menjadi warna putih karena dialiri oleh air panas alami.

Sejak berabad-abad silam, kolam thermal ini sudah dijadikan kolam penyembuhan dan bahkan menjadi kolam spa tertua didunia. Dijaman romawi kuno sudah dipercaya bahwa air hangat tersebut mengandung zat yang baik untuk penyembuhan beragam penyakit.

Disetiap kolam yang berbentuk bertingkat-tingkat seperti sawah subak di Bali dan di Jawa, kita bisa berendam sambil menyaksikan pemandangan alam sekitar yang menyegarkan mata. Nun jauh diujung pamukkale terdapat pegunungan yang diselimuti oleh salju abadi. Ah rasanya ingin kembali lagi dan terimakasih Tuhan telah memberikan kesempatan bagi hamba untuk menikmati ciptaan-Mu yang mengagumkan.

One thought on “Hierapolis dengan Spa Tertua didunia – Cotton Castle

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s