Enchanted Gerome Open Air Museum

Cappadocia seperti tidak ada habisnya untuk diceritakan dan kali ini yaitu Goreme Open Air Museum. Cappadocia memang museum alam yang sangat luas didunia dan mungkin salahsatu museum alam terbesar didunia. Turki mempunyai 13 peradaban mulai dari peradaban Yunani kuno sebelum masehi, peradaban Romawi, peradaban Kristen dan hingga peradaban Islam dijaman Kekaisaran Ottoman.

Cappadocia dulunya merupakan kawasan yang banyak dihuni oleh umat Kristen dengan ditandai oleh banyaknya gereja jaman Byzantium mulai dari abad ke-10, 11 dan 12 Masehi. Tiket masuk kedalam museum ini yaitu 25 Lira Turki dan lebih baik berkunjung dipagi hari, karena siang hari panasnya sangat menyengat dan cukup melelahkan.

Dikawasan gerome ini kita menyaksikan beberapa gereja yaitu geraja Santa Barbara yang dihiasi oleh lukisan dinding berwarna merah. Lukisan dinding ini mengingatkan lukisan manusia purba digua liang-liang, sulawesi selatan. Uniknya gereja ini dibuat didalam tebing batuan basalt, batuan pegunungan kapur yang dipahat dan dibentuk dengan sangat sederhana sebagai gereja dijamannya. Beberapa lukisan menggambarkan kisah-kisah dialkitab khas byzantium.

Gereja emali atau apel didalamnya terdapat lukisan kehidupan Kristus, Nabi Ibrahim dan tiga pemuda yahudi. Sementara digereja ular, terdapat lukisan fresco didinding gereja yang menggambarkan kisah pembunuhan ular oleh St. George dan St. Theodore.

Salahsatu gereja yang paling besar disini yaitu gereja Tokili Kilisi, didalamnya terdapat lukisan fresco berwarna biru yang indah yang menggambarkan ketika Kristus bersama ke 12 rasulnya dan saat-saat terakhir ketika hendak disalibkan. Ada beberapa ruangan yang tidak boleh diabadikan dengan kamera terutama kamera dengan lampu blitz karena akan membuat lukisan dinding (fresco) yang berusia ratusan hingga ribuan tahun akan pudar.

Tetapi tetap saja para wisatawan asing tetap bandel terutama wisatawan dari korea dan cina yang seenaknya saja foto pakai blitz atau kamera handphone sehingga ditegur oleh petugas museum. Dan yang paling penting ketika berada didalam museum ini, jangan berisik dan melakukan coret-coret didinding.

Diluar museum ada puluhan kios cinderamata yang sungguh menggoda niat belanja. Pemerintah turki juga mendirikan toko souvenir dengan harga yang terjangkau dan tentu saja orisinal. Patut dicontoh oleh Indonesia.

turki day 6 124 turki day 6 128 turki day 6 132 turki day 6 136 turki day 6 139 turki day 6 141 turki day 6 143 turki day 6 146 turki day 6 147

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s