Taman Bunga di Thailand Ini Terinspirasi dari Bandung

Nama Chiang Mai di Thailand tengah populer di kalangan turis selain Bangkok dan Pattaya. Jika mampir ke sana, sempatkan mampir ke Bhubing Palace. Istana tersebut punya taman bunga yang terinspirasi dari Kota Bandung.

Chiang Mai terletak di utara Thailand dan dapat ditempuh dengan bus selama dua jam dari kota Chiang Rai. Chiang Mai berhawa sejuk seperti di Kota Bandung, dan merupakan kota wisata terkenal di Thailand utara.

Dengan menyewa mobil seharga 1.000 Baht (388 ribu rupiah) per hari tanpa supir, kami berlima bergegas menuju ke pegunungan di selatan kota Chiang Mai. Perjalanan ditempuh selama satu jam dari pusat kota.

Kami pun telah tiba di pintu masuk istana musim dingin keluarga kerajaan Thailand, atau biasa disebut Bhubing Palace. Hawa sejuk segera menyeruak, dan kabut yang turun menambah cantiknya kebun bunga ini.

Biaya masuk bagi wisatawan asing hanya 50 Baht (19 ribu rupiah). Untuk menikmati seluruh kebun bunga ini, disarankan menggunakan golf car yang dikenakan tarif 300 Baht (116 ribu rupiah) untuk 3 orang.

Istana musim dingin atau Bhubing Palace dibangun pada tahun 1961 untuk keluarga Kerajaan Thailand yang ingin berwisata saat musim kemarau panas di kota Bangkok. Karena berada di ketinggian 1.000 mdpl, lokasi ini sangat cocok sebagai tempat ‘pelarian’ Kerajaan Thailand.

Sebagai sejarah, keluarga Kerajaan Thailand pernah melarikan diri ke kota Bandung, Jawa Barat, pada tahun 1920 ketika kudeta kerajaan berlangsung.

Mereka mendapatkan beragam inspirasi dari pemerintahan kolonial Belanda di Kota Bandung. Salah satunya yaitu taman bunga yang indah. Di istana ini, kita bisa menyaksikan beragam mawar yang indah dan sedang mekar.

Kemudian kita bisa menyaksikan kebun pakis dengan beragam pakis yang sangat indah serta menyejukkan mata. Di tengah kebun terdapat sebuah kolam besar dengan air mancur yang bisa menari mengikuti iringan musik.

Lambat laun kabut putih mulai turun, dan hujan rintik-rintik mengiringi kami menuju pintu keluar. Seandainya kebun bunga di Indonesia ditata rapi dan bagus seperti di Thailand, pasti sangat memikat.chiangmai

chiangmai 2013 012

chiangmai 2013 022

chiangmai 2013 041

chiangmai 2013 060

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s