Mencari Ketenangan di Thailand, Ini Tempatnya

Chiang Mai di Thailand menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Di sini suasanya tidak seramai Bangkok. Traveler pun bisa mencari ketenangan hati misalnya, di Doi Suthep yang merupakan kuil di atas gunung.

Ini adalah kali kedua saya menjejakkan kaki di Doi Suthep yang terletak di Chiang Mai. Lokasinya berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota. Udara yang sejuk dan hutan tropis yang alami menjadi pemandangan yang memikat mata.

Ketika tiba di pintu gerbang, akan ada 2 pilihan yaitu naik dengan tangga atau lift. Kalau mau naik lift, pengunjung diharuskan membayar biaya tambahan di luar harga tiket masuk. Untuk tiket masuk Doi Suthep harganya sekitar 30 Baht (Rp 11.600).

Kuil ini dibangun pada tahun 1383 di puncak Gunung Suthep dan merupakan tempat sembahyang bagi kaum Buddha hingga kini. Lift membawa kami hingga ketinggian sekitar 30 meter dari pintu masuk dan hanya dalam waktu 5 menit kami tiba di puncak.

Tidak jauh dari pintu masuk, tampak sebuah stupa yang berisi puluhan abu jenazah dari berbagai negara. Dan para keluarga biasanya menyumbang dana untuk tempat menyimpan abu tersebut. Ada beberapa gong besar sebagai sumbangan dari warga Thailand ataupun warga asing.

Ketika memasuki Doi Suthep, para pengunjung diharuskan berpakaian sopan dan melepas sepatu atau sandal. Di sinilah letak keindahan Doi Suthep, sebuah stupa setinggi 20 meter menjulang ke angkasa berhiaskan warna emas. Konon, lapisan emas ini berasal dari kertas emas para donatur.

Karena ini merupakan tempat berdoa, para pengunjung disarankan tidak boleh terlalu berisik. Ada sebuah replika patung Buddha Emerald. Patung yang asli sudah Bangkok.

Aura positif begitu terasa di kuil ini. Mungkin karena ini adalah tempat ibadah dimana semua orang memanjatkan doa dan harapan kepada Yang Maha Kuasa.

Saya pun segera duduk bersila, memejamkan mata, menghirup udara segar pegunungan dan bermeditasi sejenak. Begitu menakjubkan tempat ini, terasa damai dih ati. Setelah 30 menit di dalam kuil, kami bergegas keluar dan menikmati pemandangan Kota Chiang Mai dari atas puncak gunung.chiangmai

chiangmai 2013 075-001

chiangmai 2013 079

chiangmai 2013 087

chiangmai 2013 098

chiangmai 2013 099

chiangmai 2013 103

IMG01874-20130909-1228

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s