Universitas Tertua di Asia Tenggara di Hanoi Vietnam

Temple of Literature atau Van Mieu adalah universitas tertua di Asia Tenggara, didirikan pada tahun 1070 oleh penguasa kerajaan Vietnam waktu itu, Raja Ly Tranh Tong. Dulunya tempat ini sebagai universitas bagi para petinggi kerajaan yang mengajarkan tentang ajaran konfusius yang berasal dari dataran Cina.

Image

Ajaran Konfusius ini begitu melekat bagi masyarakat Vietnam, sehingga seluruh punggawa kerajaan yang terpilih baru bisa masuk keuniversitas ini untuk mempelajari sastra cina yang berhubungan dengan konfusianisme.

Kuil Sastra ini dibagi menjadi 5 lokasi, lokasi pertama dan kedua adalah halaman yang sangat luas dengan pepohonan rindang. Dimasa silam lokasi ini ditujukan bagi para pelajar untuk bermeditasi dan menyerap sastra-sastra tua cina yang berisi ajaran konfusius.

Image

Lokasi ketiga yaitu berbentuk kolam yang berukuran raksasa dan dihiasi dengan bunga lotus. Sementara disisi kanan dan kiri kolam terdapat prasasti yang dituliskan oleh para pelajar. Karya sastra mereka dipahat diatas batu besar dan tertulis nama pelajar tersebut, hanya pelajar terbaiklah yang diperbolehkan dipajang prasastinya.

Lokasi keempat kita akan memasuki sebuah pintu gerbang dan menemukan sebuah lapangan luas. Lapangan ini dulunya digunakan untuk beragam upacara kerajaan dan terdapat sebuah guci tembaga raksasa untuk menaruh hio.

Image

Dan lokasi terakhir yaitu sebuah bangunan besar dan bermotif seperti kuil-kuil di Cina. Didalamnya terdapat patung Konfusius yang sangat dihormati. Sisi kanan dan kiri dalam bangunan tersebut terdapat patung sang raja yang sangat dihormati.

Image

Ternyata masyarakat vietnam sudah melek sastra dan hingga kini bangunan tua tersebut masih dilestarikan walau sempat dibom oleh penjajah perancis ditahun 1947. Kuil sastra ini sempat ditutup pada abab ke 18 oleh Raja Gia Long, karena ia memindahkan kerajaannya dari Hanoi ke kota Hue diselatan.

Jadi, inilah universitas tertua diasia tenggara……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s