Keindahan Katedral St. Joseph di Hanoi

Kata siapa masyarakat Hanoi komunis, ternyata 54% masyarakat Vietnam beragama Budha, 15,3% menganut Konfusianisme, 8% menganut agama Katolik, 0,7 & umat Muslim dan sisanya 22% sebagai komunis. Ada 8 juta umat katolik yang tersebar diseluruh penjuru negri vietnam dan agama ini disebarkan oleh penjajah Perancis diawal abad ke8.

ImageImage

Alkisah, agama Katolik tersebar diwilayah pantai timur vietnam tepatnya diprovinsi Hue dan kemudian dihancurkan oleh raja Vietnam ditahun 1883. Seorang penyebar agama Katolik Roma bernama Joseph Marchand diberitakan sedang jatuh sakit dan dirawat disebuah biara. Berita ini terdengar oleh sang raja dan kemudian diseret kepengadilan dengan dakwaan menyebarkan agama sesat, hingga akhirnya dijatuhi hukuman mati dengan dipenggal kepalanya didepan umum pada tahun 1835. Beliau adalah martir kedua yang dibunuh setelah martir pertama bernama Francois Gagelin dipenggal kepalanya pada tahun 1883 oleh raja Minh Mang.

Image

Kemudian diakhir abad 20, pemerintah Perancis membangun katedral yang mirip dengan gereja katedral Notre Dame di Paris pada tahun 1886. Dan gereja tertua dan pertama yang dibangun perancis diasia tenggara. Kini gereja tersebut selalu dipenuhi jemaat setiap minggu untuk perayaan ekaristi dan pernikahan.

ImageImage

Untuk menuju kegereja ini tidaklah sulit, hanya berjalan kaki sekitar 15 menit dari Hoan Kim Lake yang terkenal dan kita akan menemui sebuah bangunan gereja ala eropa yang tampak kusam karena tidak dirawat. Didepan gereja akan kita temui patung Regina Pacis atau Ratu Perdamaian.

ImageImage

Tidak dipungut bayaran untuk masuk kegereja ini, cukup masuk melalui pintu belakang dan kita bisa melihat interior dalam gereja yang sangat megah. Besar bangunannya sama seperti gereja katedral diJakarta. Tetapi didalamnya kita bisa melihat tulang belulang martir Marchand. Oleh vatikan beliau ditahbiskan sebagai martir pada tahun 1986 dan dihadiri oleh ribuan orang divatikan dan diHanoi.

ImageImage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s