Perjalanan Panjang Menuju Halong Bay

Sebelum didaulat menjadi New 7Wonders of the World pada awal tahun 2013 yang lalu, saya selalu mengimpikan untuk berkunjung kekota kecil ini. Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk mewujudkan impian memasuki pulau-pulau kecil yang indah disekitar Halong Bay.

Dibutuhkan waktu selama 1,5 hari dengan pesawat, mengapa? Karena tidak ada budget airlines yang langsung terbang ke Hanoi, ibukota negara Vietnam. Kami harus menginap satu malam di singapore karena tigerwairways mengharuskan kami untuk tinggal 1 malam dinegri jiran tersebut.

Tak apalah, kami juga sedang ada urusan bisnis sejenak dikota singa tersebut. Esok paginya pukul 09.00 waktu Hanoi kami tiba dibandara yang masih minim pelayanannya. Terminal kedatangan seperti terminal diHalim yang masih kecil dan berantakan. Waktu di Hanoi dan Jakarta sama, jadi tidak perlu merubah jam tangan. Ketika menunggu bagasi dibandara Hanoi, kami harus menunggu selama 1 jam karena ban berjalannya cuma ada satu buah. Jadi harus bergantian antara satu maskapai dengan maskapai lain.

Selain itu ruang imigrasi sangat sempit sementara jumlah wisatawan asing sangat banyak, jadi harus antri panjang dan bersabar. Imigrasinya tidak seketat yang kita bayangkan, setelah antri dan dilihat wajah kita, langsung dicap apabila kita tanpa VISA. Begitu keluar dariu bandara Hanoi, angin dingin langsung menerpa. Benar saja cuaca diHanoi bulan Januari disiang hari bisa mencapai 24 – 27 C, apabila malam hari sekitar 10 – 12 C, sangat dingin dan dibutuhkan jaket tebal, topi dingin serta sarung tangan.

Ternyata bandara Hanoi sedang dibangun menjadi besar untuk menyambut ASIAN GAMES 2018 diHanoi, dan ditambahkan dengan jembatan gantung raksasa yang membelah sungai terbesar dikota tersebut.

Begitu tiba dikota Hanoi, kami langsung kehotel Thai Son. Disini kami mengambil paket tour pulang pergi ke Halong Bay seharga USD 40/orang. Tarif tur dipatok dengan dollar US dan sudah termasuk tiket masuk kawasan wisata halong bay, makan siang dikapal, serta tiket wisata ke goa.

Esok paginya, kami dijemput dihotel dengan minivan pukul 08.00. Dalam van tersebut ada dua pemandu wisata, satu orang untuk wisawatan Jepang dan satu orang untuk berbahasa inggris. Selama perjalanan, pemandu kami bercerita banyak tentang sejarah, politik, gaya hidup orang Vietnam serta asal usul mengenai Halong Bay.

Perjalanan menuju ke Halong Bay ditempuh selama 3 jam dari kota Hanoi, mobil mini van yang kami naiki sangat nyaman dan berAC. Begitu hampir memasuki kota Halong Bay, jalanan agak sedikit rusak karena sedang diperbaiki. Tidak banyak pemandangan menarik disepanjang jalan, karena cuaca dingin jadi seperti gersang. Debu diluar sangat banyak sekali dan banyak pohon yang meranggas.

Mobil van kami sempat stop over disebuah rest area selama 30 menit. Rest area tersebut berbentuk sebuah toko besar yang memajang beragam jajanan khas vietnam, tentu dengan harga yang agak mahal. Tapi untuk melepas penat, tak apalah kami turun sebentar.

Sesampainya dikota Halong, bangunan tinggi yang kebanyakan hotel menyambut kami. Guide kami menjelas kan agar kami jangan pergi kemana-mana sebelum diberikan tiket masuk Halong Bay. Tiket masuk tersebut tidak boleh hilang selama perjalanan, dan kalau hilang akan didenda. Selesai membagikan tiket, kami diberikan kode bendera kecil warna biru sebagai kode rombongan turis yang dibawa oleh guide kami.

Kami dibawa kekapal berwarna putih, konon tahun 2012 semua kapal dihalong bay memakai warna bermacam-macam. Tetapi pemerintah komunis beranggapan bahwa warna putih lambang profesionalitas, sehingga semua kapal harus dicat ulang warna putih. Menurut saya agar setiap kapal yang berlabuh diteluk Halong lebih terlihat dari kejauhan.

Tak lama kemudian kapal berangkat menelusuri teluk Halong, dan kami disuguhkan makan siang yang isinya sea food, nasi dan sayuran serta dessert buah. Untuk minuman akan dikenakan charge sesuai pemesanan, harganya tidak mahal dan bisa dibayar dengan Dong Vietnam atau USD. Terserah anda..

ImageLambat laun kami menelusuri pulau-pulau kecil yang menakjubkan diatas laut yang bening. Wow! Kami segera naik keatas geladak dan berfoto-foto sepuas hati. Udara diluar tidak terlalu dingin seperti di Hanoi dan matahari begitu terik. Alhamdullilah, akhirnya terwujud juga saya ke Halong Bay.

Sesampainya disebuah pulau kecil berpenghuni serta sebuah sekolah apung, kapal ditambatkan. Kami diinformasikan bahwa bagi yang ingin naik kayak serta naik perahu dipersilahkan dan akan dikenakan biaya perorang 150.000 Dong atau Rp 75.000. Murah kan! Kapan lagi bisa kesini.

Image

Sebelum naik perahu kami diharuskan memakai safety jacket, seorang perempuan berumur 40an bersiap2 menerima kami. Ia mendayung perahu perlahan-lahan memasuki dua pulau kecil. Subhanallah….bagusnya! Sebelum memasuki pulau tersebut, kami melewati sebuah pintu gua dan ketika memasuki gua tersebut…pemandangan alam yang menakjubkan ada didepan mata kami. Live dan bahkan lebih bagus dari foto-foto diinternet.

Image

Hampir satu jam kami berkeliling dengan sampan yang dikayuh oleh si ibu, tak rela sepertinya waktu berlalu begitu cepat. Akhirnya kami memberikan tips untuk si Ibu senilai 200.00 Dong atau Rp 100.000 untuk hasil mengayuh sampan.

Image

Selesai naik sampan, kami melanjutkan perjalanan kesebuah goa besar, konon gua tersebut sering dipakai bajak laut untuk bersembunyi. Guanya sangat besar dan diberi tata cahaya lampu yang menarik. Inilah hebatnya pemerintah Vietnam yang bisa menarik 8 juta wisawatan asing berkunjung kesini tiap tahunnya. Padahal banyak gua-gua indah di Indonesia tapi kurang dirawat dan kurang promosi.

Sudah 5 jam kami menelusuri Halong Bay dan kapal membawa kami kedermaga dikota Halong. Dan selanjutnya kami kembali kekota Hanoi. Selesai sudah impian saya, terlaksana dengan baik. Terimakasih ya Allah akan rejeki-Mu. I will be back to Halong for a cruise.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s